Monday , February 6 2023

2 Cara Defrag Harddisk di Windows dengan Mudah

Pada pemakaian pc, kerap kali kita merasakan kinerja pc yang terus menjadi kurang baik. Dikala membaca informasi, pc yang tidak dicoba perawatan secara teratur hendak nampak mempunyai performa yang lelet. Bersamaan konsumsi pada pc, hendak sangat normal apabila pc Kamu menampilkan isyarat kalau dia hadapi penyusutan performa.

Perihal ini diakibatkan oleh aktivitas yang dicoba semacam install ataupun uninstall program, membuat ataupun menghapus dokumen, serta tugas yang lain. Posisi file tersebut tidak tidak sering menetap, sehingga terjalin pecahan- pecahan file yang hadapi perpindahan posisi di dalam harddisk.

Dalam pencarian ataupun membaca informasi, pc hendak bekerja mencari informasi yang dimohon sampai ditemui. Sayangnya, sebagian informasi yang dimohon terkadang terjalin fragmen ataupun terpecah serta berpindah ke posisi yang lain. Perihal inilah yang membuat performa pc terus menjadi lelet kala informasi yang dicari nyatanya sudah berpindah sehingga pc hendak memakan waktu yang lebih lama buat mencari lagi.

Oleh sebab itu, salah satu metode yang bisa dicoba buat menanggulangi kasus ini ialah dengan mengembalikan pecahan- pecahan file tersebut ke tempat asalnya. Kamu bisa melaksanakan defrag harddisk buat memaksimalkan kinerja pc Kamu kembali. Ikuti uraian berikut ini.

2 Metode Defrag Harddisk di Windows

Performa pc yang bersamaan waktu terus menjadi lelet bisa diatasi dengan melaksanakan defrag harddisk. Dengan melaksanakan defrag harddisk secara berkala, fragmen yang tercipta dari suatu file hendak diperbaiki serta dirapikan cocok dengan lokasinya. Perihal ini bertujuan supaya kestabilan sistem pembedahan dalam mencari sesuatu informasi hendak berjalan secara maksimal. Ada 2 metode buat defrag harddisk ialah memakai tool bawaan Windows serta memakai aplikasi pihak ketiga. Langsung saja ikuti langkah- langkah di dasar ini.

1. Memakai Tool Bawaan Windows

Pada sistem pembedahan Windows umumnya mempunyai tools bawaan yang bisa melaksanakan defrag terhadap harddisk. Bila Kamu tidak sempat melaksanakan defrag lebih dahulu, Kamu tidak butuh takut sebab sistem tool defrag pada Windows ini hendak secara otomatis berjalan cocok dengan waktu yang didetetapkan. Tetapi, tidak permasalahan bila Kamu mau melaksanakan defrag harddisk secara manual.

Butuh buat diingat, kalau defrag harddisk ini tidak butuh dicoba sangat kerap. Tools bawaan Windows hendak memberitahu Kamu apakah disk pada pc Kamu butuh dicoba defrag ataupun tidak. Jadi, hendaknya ikuti petunjuk yang diberikan oleh pc Kamu. Sistem pembedahan Windows yang aku pakai merupakan Windows 10 Pro. Tetapi, metode di dasar ini pula bisa Kamu jalani di sistem pembedahan Windows tipe yang lain.

1. Klik ikon search ataupun cari pada taskbar, kemudian ketik defragment and Optimize Drives pada kolom pencarian, kemudian seleksi aplikasi desktop Defragment and Optimize Drives.

2. Hingga hendak tampak status drive pada pc Kamu. Buat membenarkan apakah drive Kamu betul- betul butuh buat dicoba defrag, silakan seleksi seluruh drive, kemudian seleksi Analyze All. Setelah itu amati pada Current Status. Drive yang mempunyai status OK, hingga telah ditentukan tidak butuh buat dicoba defrag. Tetapi bila status drive yang tertera merupakan Needs optimization, hingga Kamu boleh melaksanakan defrag.

3. Seleksi drive yang akan dicoba defrag, kemudian seleksi Optimize. Tunggu sampai proses defrag berakhir dicoba.

4. Kamu pula bisa mengganti pengaturan terpaut agenda defrag pada pc Kamu dengan metode seleksi Change settings.

5. Berikutnya silakan seleksi agenda pada bagian Frequently ialah daily( setiap hari), weekly( mingguan), serta monthly( bulanan). Sehabis itu seleksi Drives yang mau dicoba defrag cocok dengan agenda dengan klik pada tombol Choose. Kamu bisa memilah salah satu drive ataupun seluruh drive pada pc Kamu. Bila sudah berakhir melaksanakan pergantian terhadap pengaturan, silakan tekan OK.

2. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Tidak hanya memakai tools bawaan Windows, metode defrag harddisk pula bisa dicoba memakai aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang aku pakai pada postingan ini ialah Defraggler. Ada pula kelebihan dari aplikasi ini ialah Defraggler mempunyai dimensi yang kecil serta ringan sehingga tidak hendak memberatkan kinerja pc Kamu. Tidak hanya itu, Defragger pula bisa mengecek drive, melaksanakan defrag dengan opsi wajar ataupun kilat serta ada dalam bermacam opsi bahasa. Tetapi, aplikasi ini cuma menunjang sistem pembedahan WIndows saja.

1. Unduh serta install aplikasi Defraggler di pc Kamu.

2. Berikutnya, silakan buka aplikasi Defraggler, kemudian Kamu bisa mengecek apakah drive Kamu butuh buat dicoba defrag ataupun tidak tidak dengan metode seleksi drive, kemudian seleksi Analyze.

3. Hendak timbul diskusi box tentang pemberitahuan proses defrag yang hendak dicoba. Aplikasi ini hendak menghapus recycle bin saat sebelum defragging sehingga hendak membagikan drive kosong yang lebih. Silakan tekan Yes.

4. Sehabis itu tunggu sampai proses analisa terhadap drive berakhir. Bila dibutuhkan defrag terhadap disk tersebut, silakan seleksi drive kemudian Defrag. Tunggu sampai proses defrag berakhir dicoba.

Sekian postingan menimpa metode defrag harddisk di Windows. Kamu bisa melaksanakan pemeliharaan pc secara teratur serta berkala dengan metode ini. Dengan melaksanakan defrag harddisk, pc bisa berjalan dengan baik.

Meski sistem pembedahan Windows 8 ke atas mempunyai sistem buat melaksanakan defrag secara otomatis, tidak terdapat salahnya bila Kamu mau melaksanakan defrag harddisk terhadap pc Kamu yang telah terus menjadi melambat.

Mudah- mudahan postingan metode defrag harddisk ini berguna untuk Kamu. Senantiasa kunjungi Nesabamedia buat memperoleh data menarik serta terkini. Selamat berupaya serta mudah- mudahan sukses!

 

About FebryID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *