Monday , February 6 2023

Tutorial Belajar CSS Part 1: Pengertian CSS, Apa yang dimaksud dengan CSS?

CSS ataupun Cascading Gaya Sheets ialah bahasanya desainer website. Tetapi sesungguhnya apa yang diartikan dengan CSS? Kita hendak mangulas penafsiran CCS dalam postingan ini.

Pengertian CSS

Dalam bahasa bakunya, semacam di kutip dari wikipedia, CSS merupakan“ kumpulan kode yang digunakan buat mendefenisikan desain dari bahasa markup”, dimana bahasa markup ini salah satunya merupakan HTML.

Buat penafsiran bebasnya, CSS merupakan kumpulan kode program yang digunakan buat mendesain ataupun membuat cantik tampilan taman HTML. Dengan CSS kita dapat mengganti desain dari text, warna, foto serta latar balik dari( nyaris) seluruh kode tag HTML.

CSS umumnya senantiasa berhubungan dengan HTML, sebab keduanya memanglah silih memenuhi. HTML diperuntukan buat membuat struktur, ataupun konten dari taman website. Sebaliknya CSS digunakan buat tampilan dari taman website tersebut. Istilahnya,“ HTML for content, CSS for Presentation”.

Fungsi dan Kegunaan CSS

Dini mula diperlukannya CSS disebabkan kebutuhan hendak taman website yang terus menjadi lingkungan. Pada dini kemunculan HTML, kita dapat membuat sesuatu paragraf bewarna merah dengan menulis langsung kode tersebut didalam tag HTML, ataupun membuat latar balik suatu taman dengan warna biru. Contoh kode HTML buat perihal itu merupakan selaku berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Test Tag Font HTML</title>
</head>

<body>
<p>
CSS merupakan bahasanya <font color="red">desainer web</font>.
Namun sebenarnya, apa itu CSS?
<br />
<font color="red">CSS </font> adalah kumpulan kode yang digunakan
untuk mendefenisikan desain dari bahasa markup,
<font color="red">salah satunya adalah HTML</font>.
<br />
Dengan CSS kita bisa mengubah desain dari
<font color="red">text, warna, gambar dan latar belakang</font>
dari (hampir) semua kode tag HTML.
</p>
</body>
</html>

Aku memakai tag <font> buat membuat sebagian kata di dalam paragraf tersebut bercorak merah. Perihal ini tidak salah, serta seluruhnya berjalan cocok kemauan. Buat suatu postingan yang mempunyai 5 paragraf, kita tinggal copy- paste tag tag <font>
pada perkata tertentu.

Tetapi sehabis web tersebut mempunyai katakanlah 50 postingan semacam diatas, serta sebab suatu perihal kamu mau merubah segala text merah tadi jadi biru, hingga hendak diperlukan waktu yang lama buat mengubahnya satu persatu, halaman per halaman.

Dalam keadaan inilah CSS berupaya‘ memisahkan’ tampilan dari konten. Buat paragraf yang sama, berikut kode HTML apabila ditambahkan kode CSS:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Test Background Color CSS</title>
<style type="text/css">
.warna {
color: red;
}
</style>
</head>

<body>
<p>
CSS merupakan bahasanya <span class="warna">desainer web</span>.
Namun sebenarnya, apa itu CSS?
<br />
<span class="warna">CSS </span>adalah kumpulan kode
yang digunakan untuk mendefenisikan desain dari bahasa markup,
<span class="warna">salah satunya adalah HTML</span>.
<br />
Dengan CSS kita bisa mengubah desain dari
<span class="warna">text, warna, gambar dan latar belakang</span>
dari (hampir) semua kode tag HTML.
</p>
</body>
</html>

Dalam contoh CSS diatas, aku mengganti tag <font> menjadi tag <span>. Tag <span> sendiri merupakan tag yang tidak bermakna, tetapi dapat di kostumasi memakai CSS. Tag span aku tambahkan dengan atribut atribut class=”warna”. Atribut class bermanfaat buat memasukkan kode CSS pada tag <style> di bagian head. Bila kita mau merubah segala warna jadi biru, hingga tinggal mengganti isi dari CSS color: red jadi color: blue, serta segala tag yang mempunyai class=” warna” hendak otomatis berganti jadi biru.

 

About FebryID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *